Sabtu, 05 November 2016

Apartemen di Jakarta, Sebuah Tren Atau Kebutuhan?

Edo dan istrinya setelah menikah, lebih memilih tinggal di Apartemen di wilayah Jakarta Selatan. Selain kenyamanan dan privasi terjaga, akses menuju kantor juga lebih mudah dan dekat.
Harga apartemen yang mereka beli juga lebih terjangkau daripada harga rumah yang lokasinya jauh di pinggir kota Jakarta. Setiap week-end, baru mereka pulang ke rumah orang tua di bilangan Tangerang.

Saat ini apartemen di Jakarta boleh dibilang tak lagi identik dengan hunian eksklusif papan atas yang hanya bisa dimiliki oleh orang kaya. Pembangunan apartemen semakin marak, dengan harga yang semakin terjangkau. Tipe  apartemen yang ditawarkan pun semakin beragam mulai dari yang kecil 22 m2 hingga 45 m2 bahkan lebih. 

Desain Property yang indah foto:rumah.com
Apartemen juga semakin menjadi alternatif sejak semakin terbatasnya lahan  untuk perumahan di Jakarta. Kondisi ini menyebabkan harga tanah semakin melonjak. Akhirnya apartemen semakin menjadi lahan bagus bagi pengembang properti. Harga jualnya pun ikut meroket seiring dengan permintaan yang demikian tinggi. Namun sepertinya harga jualnya masih di bawah harga perumahan komersil.

Penghuni Apartemen Semakin Beragam karena Tren
Saat ini bila dikatakan bahwa tinggal di apartemen masih menjadi bagian dari gaya hidup, memang sah-sah saja. Kondisi ini bisa dilihat dari fakta-fakta berikut ini:

  • Bahwa saat ini penghuni apartemen tidak hanya dari kalangan papan atas seperti bos atau pengusaha. Kini bahkan para mahasiswa, para pekerja baru, dan keluarga kecil pun lebih  memilih untuk tinggal di apartemen di Jakarta.
  • Para mahasiswa lebih memilih untuk tinggal di apartemen ini karena tinggal di apartemen bisa lebih memberikan kenyamanan, keamanan, dan kepraktisan dalam beraktivitas  dan belajar. 
  • Pekerja yunior pun yang biasanya masih lajang, lebih memilih untuk membeli dengan Kredit Kepemilikan Apartemen. Mereka pun mulai berburu apartemen dengan harga yang masih terjangkau, agar bisa tinggal di lokasi dekat dari tempat beraktivitas sehari-hari. Semuanya demi alasan kepraktisan, efektif, dan efisien.
  • Di sinilah terjadi perubahan tren dari para mahasiswa kalangan menengah ke atas serta para pekerja pemula ini. Akhirnya banyak pengembang yang  membangun apartemen di kawasan terpadu yang strategis dan dekat dengan lokasi kampus dan perkantoran. Oleh karenanya apartemen di lokasi ini pun menjadi laris manis.
  • Tak dapat dimungkiri bahwa tinggal di apartemen juga menjadi prestise sendiri di mata masyarakat. Untuk alasan inilah, banyak orang merasa bangga apabila bisa mampu tinggal di apartemen dengan berbagai kemudahan fasilitas yang layak.
  • Pasangan baru dari kelompok menengah ke atas juga memilih apartemen sebagai tempat tinggal. Selain lokasinya yang  berada ditengah kota, kebutuhan akan privasi mereka juga bisa lebih terjaga.

Mengatasi Kebutuhan Hunian di Jakarta

Tren masyarakat di Jakarta yang luar biasa sibuk dan mobilitas tinggi membuat  tinggal di apartemen menjadi kebutuhan. Ini disebabkan kondisi sebagai berikut: 

  • Lokasi  apartemen yang strategis, tidak jauh dari pusat kota serta perkantoran. Anda pasti tidak lagi membuang waktu dan tenaga, hanya untuk pulang pergi menuju tempat kerja. Selain itu, Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada kemacetan yang bisa membuat Anda tua di jalan.
  • Dengan fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola apartemen, Anda tidak perlu lagi repot berbelanja jauh-jauh. Ingin berolahraga pun tinggal turun ke pusat kebugaran, kolam renang, ataupun jogging track.
  • Fasilitas lengkap untuk anak bermain,  kafe untuk bersantai, kantin,  minimarket, dan lainnya. Tak perlu membuang energi dan waktu Anda yang bermanfaat itu, untuk hal yang kurang penting bukan?
  • Bila tinggal di apartemen, Anda pun bisa menghemat waktu untuk bersih-bersih dan merawat tempat tinggal Anda.
  • Bisa dikatakan apartemen mengusung konsep kenyamanan dan kepraktisan bagi  para penghuninya.
  • Bagi Anda yang memilih kehidupan yang lebih memiliki privasi, tinggal di apartemen juga menjadi solusi yang tepat.
 Konsep Smart Apartemen
  • Saat ini mulai marak dibangun  konsep smart apartemen, yang sangat sesuai dengan derap kehidupan dan aktivitas masyarakat Jakarta yang serba cepat.  Semua aktivitas di lingkungan apartemen mulai dari menyalakan lampu,  televisi, AC, serta memantau CCTV di sekeliling lokasi apartemen, dengan mudah dilakukan lewat ponsel.
  • Selain itu, ada fasilitas aplikasi tertentu yang bisa digunakan oleh para penghuni untuk menunjang keperluan sehari-hari. Kebutuhan mulai dari antar makanan,  membeli segala keperluan rumah tangga, obat-obatan dan lainnya. Ini bisa dilakukan  hanya dengan memesan lewat aplikasi ponsel. Pesanan pun dalam waktu sekitar setengah jam sudah sampai di depan pintu apartemen. 
Nah, itulah kilasan tentang apartemen di Jakarta yang ternyata sudah bukan saja sekadar tren atau gaya hidup, namun juga untuk memenuhi kebutuhan yang semakin beragam. Tinggal di apartemen bisa menjadi solusi beragam masalah hidup di Jakarta seperti kemacetan, kepadatan penduduk,  pengeluaran yang tinggi, dan lainnya.

 Apalagi yang masih lajang, akan lebih bisa memberikan rasa nyaman, aman, dan  lebih praktis. Selain itu rasa prestise tinggal di apartemen, juga mendorong banyak orang, untuk bisa  memiliki dan tinggal  di apartemen. Privasi bagi yang sudah berkeluarga dan pasangan yang sibuk juga lebih terjaga, meski interaksi sosial kurang intens, namun biasanya masih ada.

Oleh karenanya banyak yang memilih  tinggal di apartemen di Jakarta ataupun sekadar investasi bagi kalangan menengah ke atas. Semakin banyaknya apartemen yang terjangkau di Jakarta akan memenuhi segala kebutuhan untuk bertahan hidup termasuk gaya hidup di ibu kota. Bagaimana dengan Anda?

0 komentar

Posting Komentar