Kamis, 15 Desember 2016

Cara Mendapatkan Software Komputer Murah

Software ialah data program yang ada dalam sebuah komputer. Software merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjalankan sebuah program yang akan dilakukan dan ditampilkan oleh hardware. Dengan kata lain software adalah penggerak perangkat keras komputer. Untuk mendapatkan software dapat dilakukan dengan berbagai cara. Di pasaran terdapat banyak pilihan software yang ditawarkan, dari software komputer murah hingga mahal bahkan gratis juga ada yang orisinal dan bajakan.
contoh tampilan jualan software di bukalapak

Pada dasarnya software mempunyai peran penting untuk menjalankan sistem yang ada dalam komputer selain fungsi lain yang ada di bawah ini:
  • •    Software merupakan penyedia kebutuhan komputer sebagai sistem operasi dan sistem pendukung.
  • •    Software dapat digunakan untuk mengatur hardware agar dapat bekerja bersama-sama.
  • •    Software juga dapat menjadi penghubung antara software lain dengan hardware.
  • •    Software berfungsi sebagai penerjemah sistem software dalam bahasa mesin untuk instruksinya dapat dipahami oleh hardware.
  • •    Software dapat digunakan untuk dapat mengidentifikasi program.
Sebelum mengaplikasikan software baik yang didapatkan dengan membeli software komputer murah maupun yang mahal. akan lebih baik untuk mengenal jenis-jenis software yang ada di pasaran. Jenis-jenis software tersebut antara lain:

1.    Freeware
Merupakan software yang dapat didapatkan secara gratis tanpa batasan jangka waktu penggunaan.
2.    Shareware
Merupakan perangkat lunak yang sedang dalam tahap uji coba oleh karena itu diberikan secara gratis. Karena merupakan software uji coba maka ia mempunyai keterbatasan fitur dan fungsi yang tidak dapat digunakan secara optimal.
3.    Firmware
Merupakan aplikasi software yang disimpan di ROM dan tidak dapat dipindahkan akan tetapi hanya bisa untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan.
4.    Commercial software
Perangkat lunak dengan tujuan bisnis sehingga diperjualbelikan kepada distributor dan kepada pengembang software yang lain. Software ini biasanya mempunyai lisensi sehingga tidak boleh disebarluaskan secara bebas.
5.    Free software
Merupakan software yang dapat digunakan, disalin, diubah atau dimodifikasi sesuai dengan keinginan penggunanya.
6.    Open source software
Merupakan software yang kode sumbernya bisa diubah dan disebarluaskan karena sifatnya yang terbuka.
7.    Malware
Perangkat jahat yang dapat merusak sistem pada komputer yang berfungsi seperti virus.

Sudah dijelaskan dari jenis-jenis software yang ada bahwa software bisa didapatkan dengan mengunduh gratis atau berbayar atau juga dapat membeli fisik yang dapat disesuaikan dengan jenis software yang kita inginkan. Software biasanya dibagi dalam beberapa bagian, ada sistem operasi seperti Linux dan Microsoft windows, ada program aplikasi yang siap pakai, program bantu, dan ada bahasa pemrograman atau interpreter.

Salah satu mendapatkan software dengan harga murah adalah dengan menyewa DVD software yang kita butuhkan di rental DVD. Hal tersebut akan dapat mengurangi biaya daripada kita membeli langsung software tersebut. Dan hal tersebut juga lebih menguntungkan daripada membeli software bajakan yang ada di pasar. Walaupun harganya lebih murah tetapi biasanya tidak akan sebagus yang asli dan ada beberapa hal yang akan dapat membahayakan komputer. Software bajakan juga mempunyai keterbatasan untuk beberapa aplikasi yang tidak dapat digunakan secara maksimal.

Oleh karena itu akan lebih baik untuk mulai menghentikan kebiasaan untuk menggunakan software bajakan. Pilih alternatif untuk menyewa DVD software komputer murah atau bisa dengan menggunakan software oper source yang banyak di internet. Software open source tersebut bahkan bisa didapatkan dengan gratis contohnya seperti Linux, Inscape, zip, dan banyak lagi yang lain.

0 komentar

Posting Komentar