Kamis, 04 Mei 2017

Kiat-Kiat Memompa ASI agar Produksinya Lebih Banyak

Memompa ASI sering menjadi hal yang mendengarkan bagi para ibu. Kita pasti merasa berkecil hati jika produksi ASI kita tidak mencukupi kebutuhan si kecil. Tetapi jangan resah dulu. Ada banyak hal yang bisa mempengaruhi produksi ASI pada ibu menyusui.
Kini kita kita bisa mempelajari kiat-kiat memompa ASI berikut ini agar produksinya menjadi lebih banyak. Dengan demikian, ASI pun akan senantiasa memenuhi kebutuhan buah hati.
foto:hamilplus.com

Menentukan Waktu Secara Teratur
Jika kita memompa ASI secara teratur, maka metabolisme tubuh pun akan ikut beradaptasi. Hasilnya, tubuh akan memproduksi ASI secara teratur dalam jumlah yang banyak. Kita pun akan mendapatkan ASI berkualitas pada jam-jam tertentu. Sehingga kita juga tidak kerepotan karena harus memompa ASI sesering mungkin.
Memijat Payudara Sebelum Memompa ASI
Sistem peredaran darah yang kurang lancar pada payudara memang membuat proses pengeluaran ASI bisa terganggu. Jadi, kita bisa memijat payudara secara lembut selama 10 sampai 15 menit sebelum memompa ASI. Cara sederhana ini terbukti bisa meningkatkan produksi ASI sekaligus memperlancar peredaran darah pada bagian payudara.
Suasana Harus Rileks dan Menyenangkan
Memompa ASI dalam kondisi stres hanya akan membuat kita mendapatkan hasil yang nihil. Sebaiknya kita senantiasa menghadirkan suasana rileks ketika memompa ASI. Kita bisa memompa ASI sembari mendengarkan musik, menonton TV, atau menikmati suasana rumah yang nyaman dan asri.
Memahami Cara Penggunaan Pompa ASI yang Benar
Kini ada aneka jenis pompa ASI yang dapat kita gunakan untuk membantu proses mempompa ASI. Kita wajib memahami cara penggunaan pompa ASI dengan benar. Karena penggunaan pompa yang benar pasti akan menghasilkan jumlah ASI yang maksimal.
Posisi Tubuh yang Nyaman Ketika Memompa ASI
Ternyata posisi tubuh juga dapat mempengaruhi jumlah ASI yang dihasilkan. Jadi, kita wajib melakukan proses pompa ASI dengan posisi tubuh yang rileks. Duduklah dengan posisi yang nyaman dan gunakan pakaian yang tidak terlalu ketat. Maka proses memompa ASI bisa berlangsung cepat dan menghasilkan jumlah ASI yang memadai.

Jangan panik dulu jika belum memiliki alat pompa ASI yang berkualitas. 

0 komentar

Posting Komentar