Rabu, 05 September 2018

5 Fasilitas Perumahan yang Harus Diperhatikan Sebelum Membayar DP ke Developer


Apakah Anda termasuk satu di antara banyak nya konsumen yang sedang mencari rumah idaman untuk di tinggali oleh Anda dan keluarga Anda? Apabila Anda sedang mencari rumah untuk di tinggali, ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Misalnya apakah Anda ingin membeli rumah yang sudah jadi, rumah second, rumah baru atau rumah yang belum di bangun oleh developer dan sedang dalam tahap pembangunan.
Ada banyak developer perumahan di Bali sekarang yang berlomba lomba membangun perumahan cluster dengan luas yang tidak begitu besar tetapi dengan harga yang terjangkau. Perumahan tersebut sangat cocok untuk pasangan baru menikah atau yang baru memiliki anak anak yang masih kecil.
Developer perumahan akan menawarkan harga yang lumayan kecil untuk DP nya dan juga biasanya developer perumahan ini akan memberikan fasilitas yang bagus seperti keamanan yang terjamin, perumahan cluster memang sangat banyak di minati saat ini. Selain kompleks perumahannya yang tidak terlalu besar sehingga memudah kan untuk bersosialisasi dengan para tetangga.
Jadi sebenarnya apa keuntungan untuk membeli rumah langsung dari developer perumahan? Salah satu keuntungannya adalah Anda tidak perlu binggung dalam membeli atau mencari tanah untuk perumahan Anda nantinya dan juga Anda tidak perlu repot membangun rumah di perumahan tersebut karena sudah pasti developer perumahan yang akan membangun rumah tersebut untuk Anda.
Berikut ini adalah 5 hal yang harus di perhatikan sebelum membayar dp ke developer:
1.           Pastikan Lokasi
Lokasi adalah hal utama yang harus di perhatikan , karena sudah pasti Anda akan pulang setiap hari nya ke rumah Anda dan pastikan lokasi nya terjangkau dan mudah untuk di datangi. Lebih baik lagi kalau lokasinya terdapat banyak transportasi umum yang lewat, selain itu apakah kawasannya tertata dengan rapih dan landscapenya memadai untuk di bangun perumahan.
Karena bisa saja developer perumahan memasang foto yang sebagus mungkin padahal pada kenyataannya lokasi perumahan tersebut tidak lah sebagus yang ada di brosur mereka. Karena sangat banyak developer yang tidak bertanggung jawab yang memasang lokasi yang berbeda di brosur mereka hanya untuk menarik customer agar tertarik pada perumahan yang mereka tawarkan tetapi pada kenyataanya lokasinya sangat berbeda dengan apa yang ada di brosur tersebut.
Jadi survey adalah hal yang harus di lakukan sebelum membayar DP karena Anda harus meninjau lokasi untuk dapat memastikan semuanya sesuai dengan keinginan Anda dan bukan hanya janji janji manis dari developer yang tidak bertanggung jawab.
2.           KPR di setujui
Apakah developer perumahan Anda bekerjasama dengan bank yang menyediakan fasilitas ini yang dapat memudahkan Anda dalam mendapatkan rumah yang Anda idam idamkan dan fasilitas lain yang mendukung. Dan apakah bank yang bekerjasama dengan developer perumahan tersebut menawarkan bunga yang rendah untuk Anda cicil.
Dan jangan membayarkan DP untuk rumah tersebut sebelum KPR di setujui dan yang perlu Anda ingat adalah tidak adanya jaminan yang menjamin kalau bank yang Anda pilih akan menyetujui pengajuan Anda untuk KPR walaupun developer perumahan tersebut sudah bekerjasama dengan bank yang memproses KPR.
Karena bank pasti akan memeriksa bibit bebet dan bobot kemampuan Anda untuk dapat melunasi cicilan yang di ajukan. Karena dalam membayar DP biasanya orang orang awam melakukannya di luar bank karena mereka yakin bahwa KPR yang mereka ajukan suda pasti akan di setujui oleh bank.
3.           Lihat dan periksa developer perumahan yang membangun perumahan tersebut
Dalam artian reputasi developer perumahan tersebut sangatlah penting, karena rumah yang akan Anda beli misalnya belum jadi tetapi Anda sudah harus membayar lunas rumah tersebut untuk terlaksana atau tidak nya pembangunan perumahan tersebut semuanya tergantung dari si developer perumahan yang bertanggung jawab.
Apabila developer perumahan tersebut belum berpengalaman atau tidak bertanggung jawabhal ini akan membawa dampak pada pengurusan surat dan sertifikat rumah yang lama dan terhambat. Hal hal yang perlu di perhatikan dalam melihat ijin dan kelengkapan developer perumahan adalah sarana yang disediakan, ijin peruntukan tanah, SHGB atau HGB yang sudah atas nama developer perumahan, kondisi tanah tempat perumahan itu akan di bangun dan IMB induk.
4.           Jangan lah melakukan transaksi yang di bawah tangan
Jadi apabila transaksi nya di bawah tangan, jangan lah mudah percaya dan terbuai karena sudah pasti tidak aman, jika rumah yang Anda beli statusnya masih di jaminkan ke bank Anda harus melakukan pengalihan kredit di bank tersebut agar di buatkan oleh mereka akta jual beli yang resmi yaitu yang di lakukan adalah di hadapan notaris. Apabila transaksi yang di lakukan tanpa surat surat atau hitam di atas putih maka bank yang di tunjuk tidak dapat meng approve jenis transaksi yang tidak menggunakan surat surat resmi.
5.           Periksa sertifikat awal adalah masih atas nama developer
Jadi untuk membeli sebuah rumah maka sertifikat yang ada seharusnya atas nama developer dan ada beberapa proses yang harus di lakukan sampai sertifikat tersebut menjadi atas nama Anda. Dan biasanya bank tidak bersedia untuk memproses take over apabila sertifikat yang di miliki belum merupakan SHM yang atas nama Anda. Dan penjualan akan sulit di lakukan karena yang akan membeli rumah tersebut tidak bisa apabila SHM nya tidak ada. SHM ini sangat penting untuk menjadi jaminan kepemilikan tanah dan juga bangunan.
Dan selain hal hal yang telah di bahas di atas Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB sangat penting karena para developer yang akan membangun perumahan karena IMB membuktikan bahwa apa yang di bangun oleh developer perumahan tersebut adalah legal dan konsekuensi apabila tidak memiliki IMB adalah bangunan atau perumahan yang akan di bangun dapat di segel oleh pihak pihak yang berwenang, selain itu perumahan atau bangunanya tidak dapat untuk mengajukan kredit di bank dan tidak akan dapat mengurus untuk status SHM. Jadi untuk developer memiliki IMB adalah wajib. Jadi pastikan bahwa developer perumahan Anda memiliki IMB.
Jadi untuk membeli sebuah rumah memalui developer perumahan adalah cara yang mudah untuk dapat memiliki rumah apalagi apabila Anda tinggal di kota besar dan padat penduduk. Sudah pasti susah mencari rumah atau tanah di lokasi yang strategis kecuali dengan harga tinggi. Karena tidak mudah mendapatkan rumah di daerah yang bagus dengan harga yang rendah dan terjangkau kecuali budget yang Anda miliki adalah unlimited.
Developer perumahan sudah pasti akan menawarkan Anda beberapa kemudahan untuk menunjang perumahan yang mereka pasarkan. Misalnya perumahan yang sudah jadi sehingga Anda tidak perlu mengurus dan menunggu lagi pembangunan perumahan tersebut dan juga seperti yang sudah kita bahas di atas tadi adalah tersedianya fasilitas kredit dengan kerjasama dengan bank yang sudah di tunjuk sebelumnya. Selain itu Anda juga harus bisa mengetahui dan memahami beberapa hal ketika Anda melakukan transaksi rumah dan membeli sebuah rumah.
Misalnya apa saja yang harus di persiapkan, dokumen apa yang harus di lengkapi, persyaratan apa saja yang harus di penuhi untuk mendapatkan KPR dan di setujui nya KPR dan bank yang ada dan lain lain. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mempersiapkan hal hal yang harus di perhatikan sebelum membayar DP ke developer.

0 komentar

Posting Komentar