Minggu, 29 Maret 2020

Mengenal Apa Itu Web Hosting? Dan Jenis Jenisnya Yang Wajib Diketahui Blogger Pemula


Era digital saat ini mendorong berbagai kegiatan beralih secara online. Hal ini menyebabkan kebutuhan website mengalami peningkatan, baik untuk bloger sendiri maupun untuk kebutuhan bisnis. Bagi anda yang baru memulai ingin menjadi bloger, pastinya akan membuat website dan membutuhkan hosting sebagai lokasi website tersebut. Agar lebih memahami tentang apa itu web hosting? Dan apa saja jenis jenisnya, yuk simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Mengenai Web Hosting dan Fungsi Utamanya
Bagi anda yang baru mendengar istilah web hosting pastinya akan bertanya tanya mengenai definisi dari web hosting itu sendiri. Pengertian dari web hosting adalah layanan online yang digunakan untuk mengonlinekan website maupun aplikasi web yang internet. Ibaratnya anda sedang meminjam tempat di server yang digunakan untuk menyimpan data data yang diperlukan oleh website agar bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Data data yang disimpan trsebut berupa halaman web, kode CSS, dan script PHP sehingga setiap orang bisa mengakses website tersebut ketika menggunakan jaringan internet. Terdapat beberapa layanan hosting yang biasanya menyediakan web hosting baik dengan kisaran harga yang beragam. Biasanya harga yang ditawarkan menyesuaikan dengan kualitas layanan yang diberikan seperti kapasitas penyimpanan dan beragam fitur tambahan yang diberikan. 

Salah satu penyedia web hosting terbaik adalah domaiNesia. Layanan hosting ini menyediakan beragam paket hosting baik untuk personal maupun untuk pebisnis lengkap dengan domainnya. Jadi anda yang ingin membeli hosting bisa menyesuaikan hosting yang dibutuhkan sesuai dengan website yang dibuat. Selain itu, domaiNesia juga menyediakan beberapa fitur tambahan seperti adanya antivirus dan back up dilakukan secara berkala. coba cek di http://www.domainesia.com/hosting

Pemahaman mengenai apa itu web hosting? Akan lebih mudah jika anda mengetahui fungsi utamanya. Web hosting berfungsi sebagai tempat menyimpan data, alamat akses serta menjaga website agar tetap online. Fungsi sebagai penyimpanan ini agar website bisa diakses oleh banyak orang. Adanya hosting ini membuat pemilik website bisa memberikan informasi yang sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. 

Selain itu, hosting juga berfungsi sebagai redireksi dari sebuah DNS. Dan fungsi yang paling penting adalah untuk menjaga agar aplikasi bisa teta online sehingga masih tetap bisa diakses oleh dimana saja dan kapanpun selama penyedia web hosting masih tetap terjaga. Mungkin ada beberapa website hosting yang mati, biasanya hal ini dikarenakan pemilik website menggunakan hosting gratis. Tentunya ini kurang tepat jika digunakan untuk keperluan bisnis atau profesi.

Jenis Jenis Web Hosting dan Cara Kerjanya
Apa itu web hosting? Mungkin sudah dijelaskan sehingga untuk lebih memahami, anda juga perlu mengetahui jenis web hosting. Ada beberapa jenis web hosting yaitu Shared Hosting, VPS, Cloud Hosting, Wordpress Hosting, Dedicated Server Hosting. Diantara beberapa jenis web hosting tersebut, yang sering digunakan adalah shared hosting. Jenis web hosting ini sangat cocok digunakan untuk website sederhana. 

Shared hosting memiliki beberapa kelebihan diantaranya murah, mudah digunakan bagi anda yang masih baru, serta maintenance dan administrasi server yang dapat dilakukan oleh penyedia hosting. Namun, kelemahan dari hosting ini yaitu ketika website pengguna lain memiliki traffic yang tinggi, hal ini bisa mempengaruhi situs yang anda miliki. Selain itu, anda juga akan kesulitan mengontrol konfigurasi server.

Sedangkan untuk kebutuhan bisnis biasanya lebih menggunakan VPS. Untuk mengerti apa itu web hosting? maka akan lebih baik jika mengetahui kelebihan dan kekurangan dari jenis hosting. VPS memiliki kecepatan tinggi serta peningakatan traffic di website lain yang tidak akan mempengaruhi website anda. Namun, web hosting ini memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan shared hosting serta pemilik harus memahami teknis mengenai manajemen server.

Salah satu jenis website yang cukup banyak disukai adalah cloud hosting yang mana ketika server eror tidak akan berpengaruh terhadap situs anda dan pembayaran sesuai dengan yang digunakan saja. Ada juga wordpress hosting yang murah dan mudah digunakan serta memiliki performa yang cukup baik, dan terdapat plugin serta tema wordpress yang sudah preinstalled. Namun hanya bisa digunakan oleh website yang telah dibuat oleh wordpress. 

Anda juga bisa menggunakan dedicated hosting yang mana merupakan jenis web hosting yang cukup fleksibel serta mengonfigurasi sistem perasi software yang ingin digunakan. Kelebihan dari jenis hosting ini yaitu anda bisa melakukan kontrol penug pada konfigurasi server serta kemanan yang lebih terjamin. Sayangnya harganya cukup mahal, dan anda juga dituntut untuk sangat memahami apa itu web hosting? Serta teknis mengenai manajemen server.

Web hosting mermiliki fungsi untuk menyimpan data, alamat akses dan menjaga website agar tetap online. Ada banyak jenis web hosting mulai dari shared hosting hingga didicated dimana yang cukup banyak disukai adalah cloud hosting. Anda bisa membeli jenis hoting ini dengan mengunjungi  DomaiNesia yang menyediakan beragam paket hosting, baik untuk kebutuhan personal maupun bisnis.

0 komentar

Posting Komentar