Kamis, 21 Mei 2020

Cara menggunakan menstrual cup

ilustrasi menstrual cup, foto:google

Setiap perempuan pasti pernah mengalami yang namanya sebuah halangan atau menstruasi. Pada saat itu pasti perempuan mengalami yang namanya keresahan dalam diri mereka atau mereka merasa tidak nyaman dalam melakukan segala aktivitas. Karena jika melakukan aktivitas badan mereka terasa sakit seluruh badannya. Ini merupakan sebuah hal yang wajar bagi perempuan. Maka dari itu setiap orang khususnya perempuan yang mengalami menstruasi atau perempuan yang mengalami menstruasi wajib memiliki yang namanya beberapa alat untuk menampung menstruasinya tersebut.

Bisa menggunakan yang namanya pembalut. Kemudian bisa menggunakan yang namanya alat-alat yang bisa menampung ataupun menyerap darah kotor pada menstruasi tersebut. Namun kali ini kita akan review menstrual cup. Menstrual cup sendiri merupakan salah satu alat pengganti pembalut yang mana pada alat ini merupakan alat yang berbentuk corong.

Fungsi menstrual cup
Alat ini memiliki fungsi untuk menampung darah menstruasi yang akan dikeluarkan oleh perempuan ketika perempuan tersebut akan mengalami menstruasi atau sedang berhalangan. Sehingga cara menggunakan menstrual cup sendiri sangatlah mudah. Ketika akan menggunakan menstrual cup tersebut hanya saat ketika perempuan mengalami atau akan mengalami menstruasi saja. Alat ini memiliki  fungsi dari menstrual cup sendiri sebagai penampung darah menstruasi. Tapi tidak untuk menyerap minyak berbeda dengan pembalut pada umumnya.

Langkah-Langkah Dalam Memakai Menstrual Cup

Cara menggunakan menstrual cup untuk anda yang masih belum pernah mencoba memakai menstrual cup sendiri untuk kalian harus hati-hati. Langkah pertama pada cara menggunakan menstrual cup adalah kita harus mencuci terlebih dahulu menstrual cup tersebut dengan air agar benar-benar bersih agar tidak ada  kuman kuman aneh atau tidak ada barang-barang berbahaya yang hinggap pada alat tersebut. Setelah selesai kita bisa memasukkannya ke alat kelamin perempuan atau vagina agar bisa untuk menampung darah kotor menstruasi yang perempuan alami.

Langkah kedua saat kalian mau memasukkannya adalah kalian harus melebarkan kaki kalian kemudian kalian membuka vagina kalian dengan memasukkan menstrual cup tersebut secara perlahan-lahan hingga masuk. Setelah masuk kalian bisa memberikan yang namanya sentuhan akhir dengan meratakannya agar benar-benar rapat. Pada proses cara menggunakan menstrual cup ini kita harus benar-benar hati-hati. Karena ketika kita salah sedikit saja maka menstrual cup tersebut tidak akan berfungsi secara maksimal. Kenapa demikian karena apa yang kalian pasang akan bocor dan akan basah mengenai celana kalian ketika kalian memakainya saat menstruasi.

Pada saat memasukkan menstrual cup ini kalian harus melipat terlebih dahulu alat-alatnya tersebut. Setelah di lipat baru di masukan ke dalam vagina. Setelah kalian masukkan baru kalian meratakannya. Karena jika kalian tidak meratakannya secara  langsung maka tidak akan berfungsi maksimal. Dan sebaliknya jika kalian  memasukkannya saja tanpa di lipat terlebih dahulu tentu tidak akan bisa masuk atau tidak bisa merata.

Hal ini perlu kalian cermati dan perlu kalian ketahui. Kemudian setelah memasukkannya ke dalam vagina secara perlahan-lahan agar bisa masuk dan setelah masuk kita bisa meratakannya secara perlahan dengan menggunakan telunjuk tangan dan juga ibu jari. Setelah selesai dipasang kalian hanya perlu menggunakan pakaian dalam seperlunya dan juga menggunakan celana atau mungkin rok atau celana yang kalian inginkan. Setelah itu kalian bisa melakukan aktivitas sesuai apa yang kalian lakukan setiap hari tanpa perlu khawatir jika akan mengalami kebocoran ketika kalian sedang halangan atau menstruasi. Mudah sekali bukan cara menggunakan atau memakai menstrual cup.

0 komentar

Posting Komentar